Oops! It appears that you have disabled your Javascript. In order for you to see this page as it is meant to appear, we ask that you please re-enable your Javascript!

Timeline

WAKTUKEJADIANKETERANGAN
Senin, 4 September 2017SK Menteri ESDM No.441.K/30/DJB/2017
Februari 2018Petisi Online di Change.orgPetisi "Batalkan SK Menteri ESDM No.441.K/30/DJB/2017 tentang Izin Ekploitasi Batubara di Kab.HST" di release di change.org dan ditandatangani oleh 15.762 Orang.
https://www.change.org/p/kementrian-esdm-republik-indonesia-batalkan-sk-menteri-esdm-no-441-k-30-djb-2017-tentang-izin-ekploitasi-batubara-di-kab-hst
Minggu, 14 Januari 2018Doa Bersama dan Tandatangani PetisiDilaksanakan di Lapangan Dwi Warna Barabai. Doa Bersama sekaligus penandatanganan petisi penolakan tambang dan penggugatan SK Menteri ESDM.
Senin, 15 Januari 2018Aksi “KAMMI” dukung penolakanAksi dilaksanakan mulai berkumpul di Lapangan Murjani lalu menuju perkantoran Gubernur Kalsel.
Selasa, 16 Januari 2018Aksi ke Kantor DPRD Kalimantan SelatanPeserta aksi dihadiri dari beragam lapisan masyarakat. Para mahasiswa dari berbagai kampus, pegiat organisasi pencinta alam, serta aktivis LSM satu komando menyuarakan penyelamatan kawasan Pegunungan Meratus.
Minggu, 28 Januari 2018Aksi Peduli Alam Meratus “APAM”
Performing Arts and Pray for Meratus
Dilaksanakan di panggung terbuka Taman Budaya Kalsel, Banjarmasin. 28 pentas yang disumbangkan partisipan dengan sukarela itu semuanya adalah aspirasi pegiat seni di Kalsel. Kegiatan ini gagasan seniman Kota Banjarmasin yang prihatin dan peduli dengan peristiwa yang terjadi di Bumi Murakata.
Adapun 28 nama komunitas dan perorangan yang bersedia menunjukkan penampilan dalam panggung aksi ini ialah Chacatuk Percussion, Lentera Sendratasik, Gita Khinanti, #PERSEGI, NSA Project, Isuur Loeweng Project, Banjar Bakula Enterprise, UKM Kampoeng Seni Boedaja (KSB) Unlam, Teater Ilalang, Noza Kurniawan, Teater Dua Pijar SMAN 2 Banjarmasin, Abrar (KompasTV), dan Sanggar Seni Bahalap (SMKN 2 Marabahan), Teater Wasi Putih-Poliban, Sanggar Batuah, Noorhalis Majid (Ombudsman Kalsel), Sanggar Kereta, Sanggar At-Ta’dib, Kopi Teater, UKMF Teater Himasindo FKIP Unlam, Kasadipa, Kampung Teater Kalsel, Sanggar Sesaji, Madihinesia, PM2HL, Sekumpul Teater, Komunitas Pemuda Pemudi Dayak Kalimantan Selatan (KPPDKS), dan Sanggar Ar-Rumi STAI Darussalam Martapura.
Selain penampilan-penampilan seni, dalam APAM juga digelar doa bersama untuk Meratus. Doa akan dipimpin oleh tokoh ulama/cendikiawan yang hadir.
14 Maret – 01 April 2018Lomba Fotografi pelajar “Aku dan Pohon”Diselenggarakan oleh Frame Photography Club yang diikuti oleh para pelajar se Kabupaten Hulu Sungai Tengah.
Minggu, 29 April 2018"BANJARBARU BERSATU" #savemeratusAula BPKB PNFI Guntung Payung Banjarbaru.
Minggu, 06 Mei 2018Pengumuman lomba foto pelajar "aku dan pohon" serta Penampilan MusikDi Lapangan Dwi Warna, Barabai. Frame Photography Club, Indie Musik Barabai (IMBai) dan Sanggar Djoewita.
Jumat, 30 Mei 2018Sidang #SaveMeratusPihak penggugat Walhi Kalsel dan Gembuk diminta menghadirkan saksi-saksi. Yang akan berbicara mengenai ancaman pencemaran dan dampak lingkungan apabila pertambangan di HST benar-benar terjadi. Begitu pula dengan pihak tergugat.
Rabu, 04 April 2018Sidang #SaveMeratus di PTUN Jakarta
Kamis, 17 Agustus 2018Peringatan Hari Kemerdekaan RIKegiatan dilaksanakan di Desa Hinas Kiri, Batang Alai Timur daerah lereng pegunungan Meratus. Ini diselenggarakan oleh gabungan pecinta alam khususnya dari Hulu Sungai Tengah dan sebagian lainnya dari daerah lain di Kalimantan Selatan. Sekaligus mengajak masyarakat untuk waspada dari perusakan lingkungan.
Selasa, 04 September 2018Sidang #SaveMeratus ke-15 di PTUN Jakarta.Dalam sidang yang digelar pada Selasa (4/9) di PTUN Jakata Timur, masing-masing pihak menghadirkan saksi ahli.
Ahli dari tergugat (menteri ESDM) menghadirkan Sony Heru, Kepala Seksi Penyusunan Peraturan Perundang-undangan kementerian ESDM. Sementara pihak Tim Advokasi Pengabdi Lingkungan Hidup menghadirkan Ahmad Redi, selaku ahli hukum pertambangan dari Fakultas Hukum Universitas Tarumanegara negara.
Kamis, 11 Oktober 2018Istigasah dan Doa BersamaPelaksanaan di Masjid Agung panitia pelaksana yang tergabung dari unsur Walhi, Gembuk, Pemerintah Daerah dan Relawan Lingkungan. Acara diundang seluruh elemen pemerintahan, kemasyarakatan dan pendidikan yang ada di Hulu Sungai Tengah dengan total undangan 400 lembar. Diperkirakan sekitar 600-800 orang akan hadir, namun sebagian besarnya tidak menghadiri termasuk tak satu pun dari pihak DPRD HST.
Senin, 22 Oktober 2018Sidang Putusan PTUN Jakarta TimurPTUN Jakarta Timur akan membacakan putusan gugatan Walhi terhadap Kementerian ESDM yang menerbitkan SK peningkatan operasi produksi tambang batubara PT. Mantimin Coal Mining (MCM) di Balangan, Tabalong, dan Hulu Sungai Tengah dengan Putusan N.O.
Minggu, 17 Maret 2019
Pukul 08.00 - 17.00 WITA
Serentak Menulis Surat Kepada Presiden Untuk Selamatkan Meratus
Selasa, 02 April 2019Putusan PTTUN Jakarta