Oops! It appears that you have disabled your Javascript. In order for you to see this page as it is meant to appear, we ask that you please re-enable your Javascript!

Peranan Meratus Dalam Kehidupan

Apa peranan Meratus bagi kehidupan?

Tahukah kita begitu banyak peranan yang dimiliki oleh alam dan lingkungan sekitar termasuk Meratus. Sebagiannya bisa kita sebutkan sebagai berikut:

1. Sebagai Wahana Keseimbangan Ekologis

Meratus merupakan kawasan yang di dalamnya berbagai makhluk yang saling terikat satu sama lain. Keterikatan ini adalah anugerah dan sekaligus ujian bagi setiap elemen di dalamnya. Satu dengan yang lain saling berpengaruh. Apa yang dilakukan oleh satu unsur atau elemen akan menimbulkan akibat kepada unsur lain. Jika pengaruh tersebut adalah pengaruh positif, maka keseimbangan kehidupan akan tetap terjaga. Namun jika pengaruh tersebut negatif dan merugikan unsur-unsur lain, tentunya akan terjadi ketidakseimbangan dalam kehidupan antar elemen di dalam dan sekitar Meratus.

a. Kontributor Udara Bersih.

Di kawasan Pegunungan Meratus ada terdapat berbagai macam tanaman baik pohon maupun tumbuhan lainnya. Mereka adalah kelompok elemen yang memproduksi oksigen (O2). Sebagian banyak tanaman di kawasan Meratus, semakin banyak pula yang menghasilkan Oksigen yang dibutuhkan oleh makhluk hidup termasuk manusia. Udara bersih dan berkualitas baik memiliki kandungan oksigen. Makhluk bisa bernafas dan menggunakan oksigen secara gratis.

b. Tandon Air Bersih

Lingkungan yang seimbang memiliki alur air yang baik. Di mana di dalamnya terdapat sungai permukaan, sungai bawah tanah dan tempat penyimpanan air bersih. Tumbuh-tumbuhan menyimpan banyak kandungan air bagi lingkungan sekitar. Ia juga menjadi pelindung dari penguapan air (evaporation) berlebihan yang berakibat pada mengeringnya kandungan air di dalam tanah. Hutan yang kaya akan tumbuh-tumbuhan beserta makhluk tak hidup lainnya (tanah, batu, dll) juga menjadi saringan air (water filter) yang sudah tercemar bisa kembali bersih sehingga bisa dikonsumsi oleh makhluk hidup.

c. Aman Bencana

Bencana dan wabah bukalah utamanya disebabkan oleh alam, melainkan dampak dari perilaku manusia. Alam mencari keseimbangan baru baginya. Ketika ketidakseimbangan alam terjadi kejadian seperti longsor, banjir, tsunami, gempa, angin topan, wabah penyakit.

d. Sistem Kehidupan Berkelanjutan (Sustainable Life)

Meratus membantu alam untuk tetap dalam keseimbangan, ia memproduksi udara bersih setiap hari. Kemudian udara bersih tersebut didistribusikan ke wilayah sekitarnya dan wilayah lain oleh angin-angin. Sehingga manusia diperkotaan bisa menghirup udara bersih secara gratis.

Meratus menyaring dan mendistibusikan air bersih ke kawasan yang lebih rendah, sehingga bisa digunakan sebagai wahana kehidupan berbagai jenis ikan, sebagai irigasi untuk pertanian dan perkebunan, sebagai asupan kebutuhan air bersih bagi manusia.

Meratus menyediakan banyak sumber makanan dan obat-obatan bagi manusia dan para binatang. Sehingga manusia bisa memenuhi kebutuhan akan pangan dan makanan serta obat-obatan.

Hal ini terjadi terus menerus dari hari ke hari, dari tahun ke tahun dari generasi ke generasi selama alam di dan sekitar Meratus seimbang.

2. Sebagai Tempat Tinggal Bagi Makhluk

Tidak hanya manusia yang hidup di alam ini, tidak hanya manusia yang punya peranan penting dan kekuasaan. Semua makhluk punya peran. Untuk menjaga peran-peran tersebut, tentu keberadaan Meratus menjadi faktor penting. Karena merupakan tempat di mana mereka berperan untuk menjaga keseimbangan alam.

a. Masyarakat Sekitar

Ada manusia yang dalam hal ini merupakan masyarakat adat. Mereka tinggal di dalam kawasan Pegunungan Meratus. Mereka hidup dan berkembang di kawasan tersebut dengan menjaga keseimbangan Meratus dari dalam.

Ada pula masyarakat yang tinggal di sekitar kawasan Pegunungan Meratus, bagian dataran yang lebih rendah yaitu orang-orang di pedesaan dan perkotaan. Keseimbangan alam di Meratus menjadi keuntungan bagi mereka dan ketidakseimbangan menjadi kerugian bagi mereka.

b. Flora Terlebih Flora Endemik

Flora atau tumbuh-tumbuhan, hidup dan berkembang secara alami. Membentuk sistem tersendiri di dalamnya. Ada banyak flora yang terdapat di kawasan Pegunungan Meratus. Ada yang sama dimiliki oleh kawasan tropis lainnya, ada pula yang hanya terdapat di kawasan Pegunungan Meratus (Endemik).

c. Fauna Terlebih Fauna Endemik

Fauna atau binatang, hidup di dalam kawasan Meratus dan menjadi tempat tinggal bagi mereka.  Tempat mereka lahir, tempat mereka berkembang biak, dan tempat mereka bermain. Sama halnya dengan flora, ada yang umum berjenis sama dengan kawasan tropis lainnya dan adapula yang unik, hanya ada di kawasan Pegunungan Meratus.

3. Sebagai Wahana Pendidikan dan Perpustakaan Hidup

Alam dan lingkungan sekitar kita merupakan bagian dari wahana pendidikan, ruang untuk belajar dan berkembang.

a. Riset / Penelitian

Kawasan Pegunungan Meratus memiliki peranan sebaga tempat yang bisa kita gunakan untuk riset keilmiahan baik yang berkenanan secara luas yaitu lingkungan, secara spesifik yaitu keanekaragaman hayati, sosial kultural, atau penelitian mengenai hubungan elemen di dalam kawasan Pegunungan Meratus.

b. Pembelajaran Di Alam

Pendidikan dan pembelajaran tidak hanya berada dalam bangunan / ruang kelas (indoor) saja, namun juga bisa di alam (outdoor).  Di kawasan Pegunungan Meratus merupakan buku-buku yang tak tercetak dalam goresan tinta layaknya buku-buku yang ada di perpustakaan. Banyak yang bisa dipelajari secara langsung di kawasan tersebut.

4. Sebagai Suplai Bahan Makanan dan Pengobatan

a. Ketahanan Pangan

Pangan merupakan kebutuhan pokok masyarakat. Pangan tidak hanya jenis beras saja, namun pula bahan makanan yang bisa diolah atau dikonsumsi oleh manusia. Di kawasan Meratus memiliki banyak jenis buah-buahan, ubi-ubian dan bahan rempah rempah yang bisa dikembangkan menjadi bahan pangan. Kelangsungan dari kelestarian Meratus adalah kelangsungan daya tahan kesediaan pangan bagi manusia juga.

b. Bahan Baku Obat-Obatan

Beraneka ragam tumbuhan yang hidup di kawasan Pegunungan Meratus menjadikan ia memiliki peranan sebagai penyedia bahan-bahan obat-obatan. Tanaman yang hidup secara alami memiliki kelebihan tersendiri. Sebagian telah ada yang mengenal sebagai obat-obatan herbal. Pengobatan herbal dari alam tidak memiliki efek samping ketergantungan selayaknya obat-obatan kimia. Tanaman yang ada di kawasan tersebut bisa kita manfaatkan dengan mengindentifkasi kandungan yang dimilikinya dalam pengolahan farmasi.